Sabtu, 10 Maret 2012

Teknik Cetak Jalur PCB menggunakan Dry Film Photoresist


Deskripsi:
Salah satu metode dalam membuat track PCB adalah dengan image photo transfer, dengan tehnik ini dapat menghasilkan jalur PCB yang maksimal dengan tingkat kesulitan yang  cukup tinggi hingga 0,254mm. Bahan yang digunakan adalah Dry Film Photoresist (Photo Sensitive Film), dalam metode ini diperlukan film negatif (kebalikan dari yang biasa dipakai untuk sablon) sebagai artwork (sarana image transfer). Dry Film memiliki beberapa keunggulan diantaranya:
*Melekat kuat di PCB sehingga tidak mudah putus saat proses etching
*Memilki ketelitian tinngi ( + 0,254mm)
*Contrast yang bagus
*Mudah distripping (dilunturkan)
*Bisa dipakai setelah PCB dibor (dengan cnc drill)
Ada beberapa tahapan dalam membuat jalur PCB dengan menggunakan Dry Film Photoresist yaitu: Pre-laminasi, Laminasi, Exposure (penyinaran),Post –exposure hold time (dibiarkan setelah di exposure), Development (pengembangan), Pre-etch drying (pengeringan), Etching, Stripping (dilunturkan), Finishing.

Dry Film

1. Pre- Laminasi
Dalam tahap ini PCB dibersihkan dengan menggunakan kertas gosok (halus) + air untuk PCB yang kondisi permukaanya kotor susah dihilangkan seperti berkarat, dapat juga menggunakan scotch brite untuk PCB yang tidak terlalu kotor, lalu bilas dengan air bersih.


Bersihkan PCB Dengan Kertas Gosok
 PCB Bersih


2.Laminasi
Pastikan tempat yang dipakai untuk laminasi bersih dari debu dan kondisi ruangan cukup gelap seperti tempat afdruk foto, dalam proses laminasi Dry Film terlebih dahulu dilekatkan pada PCB, ada 2 cara yaitu:
* Dengan Rakel (Squeegee)
Potong Dry Film sesuai ukuran PCB, kupas dari bagian ujung (pojok) agar lebih mudah, caranya lekatkan solasi di 2 sisi lalu tarik perlaha-lahan. Tempelkan pada PCB lalu ratakan dengan rakel, higga tidak ada udara yang terjebak (bubble). Di proses ini pcb dalam keadaan masih basah supaya mudah meratakannya.

Tempelkan Dengan Rakel

*Dengan Mesin Roll
 Mesin ini hampir sama dengan laminator hanya saja tidak ada element pemanas, jadi hanya menggulung saja. Kupas Dry Film kira-kira 1 cm bagian atas lalu tempelkan di PCB, ratakan pelan-pelan dengan tangan jangan ada bubble, masukan ke mesin roll sambil ditarik agak condong keatas bagian yang dikupas sampai selesai, jangan sampai Dry Film terselip. Pcb harus dalam keadaan kering, masukan sekali lagi ke mesin roll agar melekat kuat.

Proses Laminasi

Selanjutnya keringkan dengan setrika, hair dryer atau laminator, disarankan menggunakan laminator karena panas dan tekanannya lebih merata untuk hasil yang maksimal, jangan lebih dari 140 derajat celcius agar Dry Film tidak rusak.
Catatan: Dry Film terdiri dari 3 lapisan, lapisan atas, tengah dan bawah. Lapisan bawah sejenis plastik tipis yang agak buram, lapisan atas juga sejenis plastic hanya saja sedikit lebih tebal dan bening. Lapisan tengah yang terpenting adalah Dry Filmnya. Pastikan yang dikupas pertama pada saat ditempel di pcb adalah lapisan bawah tidak boleh terbalik karena jalur sama sekali tidak akan terbentuk saat di developing sebab posisi Dry Film terbalik. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tidak boleh terkena cahaya (UV).

3. Exposure
Tahap berikutnya adalah exposure (penyinaran), lampu yang digunakan lampu UV atau led UV. Biasanya Alat Exposure dilenkapi dengan timer sehingga waktu dapat disetting.Lekatkan film negatif sebagai artwork di pcb yang sudah dilaminasi dengan solasi, usahakan film melekat dengan baik (tidak mengambang) karena jika mengambang dry film tidak akan terexposure sempurna biasanya banyak jalur yang nyambung, kalau penyinaran dari 1 arah (bawah saja) bagian pcb yang tidak/belum diexposure bisa ditindih dengan buku agar film benar-benar menempel. Untuk waktunya tergantung dari intensitas lampu, biasanya sekitar + 60 detik. Bagian pcb yang terkena sinar UV akan berwarna ungu, sedangkan yang tertutup film tetap biru.

Mesin Exposure
4. Post-Exposure Hold Time
Setelah PCB di expose, kupas plastik bagian atas yang bening tapi jangan langsung dideveloping, biarkan ditempat yang gelap selama minimal 15 menit agar jalur film (artwork) dapat tertranfer ke Dry Film dengan sempurna.

5. Development (Pengembangan)
Alat yang dipakai untuk developing biasanya mirip seperti  aquarium kecil, dibawahnya diberi pralon berlubang kecil-kecil bagian ujungnya tertutup rapat dan pangkalnya tersambung dengan selang kecil ke compressor. Diisi dengan air yang dicampur NaOhH (soda api) dengan takaran disesuaikan dengan datasheet masing-masing dry film yang dipakai. Untuk hasil yang maksimal suhu air sebaiknya sekitar 310C-350C. Buka valve compressor hinnga aquarium bergelembung lalu masukan PCB yang akan dideveloping. Tunngu sampai Dry Film yang tidak terkena sinar larut, tinggal jalurnya saja setelah bersih bilas dengan air bersih  

Developping
PCB setelah di-develop

6. Pre Etch Drying
PCB yang sudah di developing sebaiknya dikeringkan dulu menggunakan hair dryer, bisa juga dijemur di sinar matahari langsung sekitar + 5 menit agar lebih kuat jadi jalur tidak rusak saat dietching.

Pengeringan Dengan Hair Dryer

7. Etching
Alat yang dipakai bisa terbuat dari bahan plastik tebal atau kaca, hampir sama dengan alat developing hanya saja dimensi lebarnya lebih kecil. Etching jadi lebih cepat dan efisien karena bisa memuat beberapa PCB sekaligus. Proses etching berguna untuk menghilangkan tembaga pada PCB yang tidak tertutup Dry Film (bukan jalur). Biasanya menggunakan Ferrit Chloride (FeCl) tapi bisa juga menggunakan Ammonium Persulfate dengan komposisi sebagai berikut 75% air ; 12,5% H2O2 dan 12,5% HCl, setelah selesai bersihkan dengan air bersih.

Etching

8. Stripping
Ditahap ini PCB yang selesai dietching akan dihilangkan Dry Filmnya, larutan yang dipakai air dicampur dengan NaOH (soda api) dengan komposisi yang lebih banyak dari developing, semakin banyak soda api akan semakin cepat Dry Film terkelupas. Tapi untuk bahan FR2 (pertinak) jangan terlalu lama direndam karena warna pcb bisa berubah.



Stripping

9. Finishing
Selanjutnya PCB dibor, namun jika menggunakan CNC Drill biasanya PCB sudah dibor terlebih dahulu sebelum dilaminasi. Untuk Finishing ada beberapa cara seperti silver coating, tin plating yang biasanya dilanjutka dengan proses masking+lettering. Masking berfungsi untuk memudahkan dalam proses solder dan melindungi pcb supaya lebih awet. Lettering memudahkan dalam pemasangan posisi komponen dan untuk mengetahui nilai atau spesifikasi komponen. Lettering biasanya berwarna putih dan menggunakan tehnik sablon dalam pengerjaannya. Masking umumnya berwarna hijau dan biru bisa menggunakan tehnik sablon tapi ada juga yang memakai Dry Film Soldermask dengan tehnik image photo transfer.


Silver coated
Solder masking

19 komentar:

  1. Setelah PCB jadi..
    Cara biar pcbnya tidak cepat korosi itu pake?dan gimana caranya?
    Trus juga pada bag komponen side biar ada tulisan
    nilai serta gambar komponennya ?
    thank.....

    BalasHapus
  2. Pelapisan menggunakan perak nitrat pak

    BalasHapus
  3. ya,mkasi ,perak nitrat biasanya ada di toko apa?

    BalasHapus
  4. 99 thrоugh the Аpp Store devеlopегѕ of thеse gаmes,
    these gamеs for iPаԁ, ӏphone
    οг іPod, these new buds retail fοr $29.
    So it іs written, ѕο іt iѕ tо purchаse the new smartρhοne.



    Have а look at my blog: http://vonline.vrozetke.com/

    BalasHapus
  5. The Sаmѕung Galaxy Tab іs ѕuгprisingly ρoгtable, and ωіll happіly
    aωaіt the new iΡhone 5 which haѕnt stіll reached the highest position in the Αndroіd ѕoftware.


    Look at my wеb site: gameforfreeonline.com

    BalasHapus
  6. However, somе tablets, like Micrοsοft's new Surface RT, for example, encouraging them to jump to the iPhone when that product was released. It's
    somеthing of a tωeenеr - a comρromised tablet
    anԁ a global tеnԁеr is expeсteԁ
    to cost significantly leѕs thаn cοmρeting products.
    In 2010 the MCP busіness unit that mаdе the integrated grаphіc
    chipsetѕ did oveг $800 M in revеnue.


    Herе is my web pagе :: may tinh bang

    BalasHapus
  7. beli dry film nya dimana mass... thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.indotronic.com/product/dry-film-photoresist-untuk-pcb-30cm-x-6meter

      Hapus
  8. merk tinta masking dan latering nya apa mas? kirim ke email saya winservic@yahoo.co.id makasih sblm nya

    BalasHapus
  9. merk tinta masking dan latering nya apa mas? kirim ke email saya aldymindi@gmail.com

    BalasHapus
  10. Proses menggambarnya bgmana? Dalam tahapan2 tersebut gak ada. Wah kurang lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kurang lengkap tp agan yg gak faham penjelasan diatas itu cara menggunakan dry film nah gambarnya terserah mau desain pcb ato upin ipin juga bisa...

      Hapus
  11. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

    KAMI BELI BARANG BEKAS ANDA DENGAN HARGA KOMPETITIF & INFO VALID :

    1. FILM BEKAS OFFSET / PERCETAKAN KORAN :
    FILM NEGATIVE 35000/KG
    FILM POSITIF 5000/KG

    2. CAIRAN FIXER BEKAS RP. 10000/LITER
    ( SAMPEL HARUS SY TERIMA UNTUK DITES )

    3. PLASTIK BEKAS RONTGEN RP.10000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    4. KONTAKTOR LISTRIK BEKAS RP.10000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    5. BREAKER LISTRIK RP. 8000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    6. PLASTIK KEYBOARD KOMPUTER ( YG ADA JALUR ) RP.30000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    7. RELAY BEKAS RP.15000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    8. KOMPONEN MESIN : PCB , PANEL PAPAN RP.3000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    9. KEPALA RESLETING / KEPALA GESPER / MIKRON WARNA KUNING
    ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG , APA BAHANNYA & SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    10. PANEL TELKOM RP.17000/KG ( SEBUT JUMLAH ADA BRP KG )

    11. MODUL NOKIA / ERICSSON / HUAWEI ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG & JUMLAHNYA )

    12. PANEL JARUM / PAPAN JARUM “ ADA TULISAN SIDE 1 & SIDE 2 “ ( SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG & JUMLAH BRP KG )

    13. STAINLESS LAPISAN PERAK / PLATING ( BEKAS PERALATAN DAPUR HOTEL / MASKAPAI PENERBANGAN ) “ SEBUT JUMLAH ADA BRP KG & HARGA JUAL LANGSUNG “

    14. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI RP. 4000 / BUAH.


    15. DIBELI KAYU GAHARU ASLI ALAM / KAYU GAHARU TENGGELAM ! ! ! SEBUTKAN NAMA JENIS KAYU GAHARU TSB , HARGA JUAL , JUMLAHNYA , BARANG LEGAL .. SAMPEL HARAP KIRIM KERUMAH SAYA ( JANGAN CUMA MODAL GAMBARNYA DOANK.. )

    16. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI RP.5500 / KG.


    17. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
    SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
    RP. 3500 / KG
    HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.

    18. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, TOWER BTS TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.


    19. DIBELI PULUHAN / RATUSAN / RIBUAN PERALATAN EX KANTOR, PABRIK, HOTEL, DLL YG MATI / RUSAK BERUPA: HANDPHONE, PABX, KOMPUTER SET, MONITOR, SCANNER, PRINTER, UPS, AC BEKAS, SERVER, LAPTOP, GENSET,( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

    20. DIBELI HARGA MIRING & INFO VALID :
    RINSO KILOAN
    PEWANGI PAKAIAN
    SABUN MANDI
    KECAP ABC / BANGO / SEDAAP
    POP ICE
    ODOL
    TEPUNG TERIGU SEGITIGA BIRU
    MINYAK GORENG REFILL
    MARGARIN KILOAN
    OLI MESIN BARU ( BARANG RESMI & BUKAN CURIAN )
    SUSU KALENG INDOMILK / BENDERA
    KEJU KRAFT CHEDDAR / PROCHIZZ BATANGAN

    21. DIBELI GELAS PLASTIK 8/10/12/14/16oz ( BEKAS PABRIK BANGKRUT / USAHA BUBBLE ICE BANGKRUT / GUDANG BANGKRUT / SALAH CETAK , MINIMAL GRAMATUR 1 GELAS = 8 KEATAS , SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    22. DIBELI KULIT KABEL “ PE GILA “ ( SAMPEL HARUS SY TERIMA )

    23. DIBELI PLAT BAJA TEBAL 1,5 – 2 & 3 MM ( TDAK MELAYANI INFO ABAL2 , SAMPEL HARUS SY TERIMA , DOKUMEN LENGKAP , BARANG LEGAL )

    24. DIBELI CHIKI , BISKUIT , MIE KERING , SUSU BUBUK / CAIR , ROTI KERING YANG KADALUARSA ( SAMPEL HARUS SY TERIMA , BARANG DIANTAR KE TEMPAT SY )

    25. DISEWAKAN DUMPTRUK KAPASITAS 24M3 , 2012 UP , KHUSUS SEWA BULANAN ( KIRIM LOI ANDA KE EMAIL SY : pengusaha21@gmail.com )


    >>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
    1. DIJUAL KAYU GAHARU TENGGELAM , AB , KEMEDANGAN , CHIPS , DEKOR , DLL

    KETERANGAN:
    SEBUT HARGA JUAL LANGSUNG..
    KIRIM GAMBAR & DATA LENGKAP..
    KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS YANG CUMA CEK HARGA..

    HUBUNGI SEGERA
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    WHATS”APP 089650091317
    DHONY & TEAM

    BalasHapus
  12. Beli mesin Exposure dmna gan? Sms ke saya gan 0878 9426 3173

    BalasHapus
  13. tutorial menarik btw mo nanya ggan,
    untuk proses pembuatan filmnya itu seperti apa ya ? yg seperti klise itu / negatif,
    selama ini saya hanya menggunakan printer laser xerox, dan untuk proses developnya selain menggunakan soda abu ada ngga soalnya sulit menemukan takaran yang pas.

    terimakasih

    thanks gan

    BalasHapus