Minggu, 09 Oktober 2011

Rangkaian Charger Tenaga Surya / Solar Charger 20 Ampere


Solar Charger Controller adalah charger baterai yang disuplai dari panel surya / fotovoltaik. Kit elektronik ini berfungsi untuk mengatur arus dari panel surya ke dalam baterai. Kit ini memiliki fitur yang lengkap dan pengoperasian yang mudah dengan satu potensiometer untuk pengaturan tegangan mengambang / floating voltage, dan kompensasi suhu ruang otomatis, sehingga masa pakai baterai akan lebih lama. Dilengkapi juga dioda untuk proteksi kutub terbalik.

Rangkaian ini memiliki kelebihan dalam hal efisiensi, kesederhanaan, dan kehandalan. Sebuah sistem tenaga surya menengah dapat dibangun dengan rangkain ini, sebuah panel surya 12V (nominal) yang mampu menyediakan arus 100mA sampai 20Amp, dan sebuah baterai yang memiliki kapasitas dari 60AH sampai 400AH.
Gambar dibawah ini menunjukkan ilustrasi sistem tenaga surya sederhana.


Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah untuk mencocokkan kapasitas panel surya dengan amp-jam rating baterai(C). Sebuah baterai memiliki pengisian maksimum sebesar C/10, sehingga baterai dengan kapasitas 60AH harus dihubungkan dengan panel surya tidak lebih dari 6 amp. Dianjurkan untuk memeriksa lembar data produsen baterai untuk menemukan muatan maksimum yang diijinkan, kemudian pilih panel surya yang tidak melebihi nilai tersebut. Di sisi lain, jika arus keluaran panel surya terlalu rendah, baterai mungkin tidak pernah terisi penuhDengan perubahan beberapa bagian, rangkain ini dapat bekerja sebagai charge controller untuk tegangan kerja 24V/15A. Para 24V bagian perbedaan ditampilkan pada gambar rangakaian di atas. 


Rangkaian ini juga dapat dimodifikasi untuk kapasitas yang lebih besar. Gambar rangkaian di atas mengilustrasikan untuk kapasitas 60Ampere. Untuk desain PCB, untuk rangkaian ini telah tersedia pcb kualitas hobi yang dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik mandiri anda. 




Aplikasi sistem tenaga surya dapat anda terapkan misalnya pada sistem penerangan lampu jalan raya. Anda dapat menggunakan lampu led beriluminasi tinggi / High Power LED untuk mendapatkan efisiensi energi yang lebih besar. Led ini dapat anda dapatkan di toko lokal dengan harga yang terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rancangan, pcb, dan modul prototipe, anda dapat menghubungi sales@pcbmurah.com

18 komentar:

  1. Gan, modul ini apakah bisa untuk panel surnya 100WP?

    BalasHapus
  2. Gan saya mau tapi gimana pesannya

    BalasHapus
  3. gan gimana cara pesennya

    BalasHapus
  4. untuk komponennya tersedia dipasaran ga bos...

    BalasHapus
  5. Gan ,,klw mau pesen gmn? oh ya blh minta schematicsnya gan?

    BalasHapus
  6. aku ju pesen dong...? dmn ya?

    BalasHapus
  7. Selamat sore mas..

    saya maau nanya, saya lihat di blog anda di' Berinovasi dengan elektronika', tentang 'Rangkaian Charger tenaga surya/ solar charger 20 amp' dan rangkaian2 elektronika lainnya..

    apakah anda hanya mendesign dan menjual hanya rancangan layout PCB nya saja, atau dengan rangkaian nya secara lengkap (komponen2 nya sudah terpasang di PCB tersebut), sperti yang saya lihat di blog anda, pada rancangan 'rangkaian charger tenaga surya 20 amp' yang sudah jadi

    ditunggu konfirmasinya mas,,

    terimaksih

    BalasHapus
  8. yang di tanya cuma copy paste jadi tadak memahami yg di tulis jadi maaf rekan2 penulis tidak bisa menjawab

    BalasHapus
  9. Lu2 pada bisa baca nggak .. percuma lu sekolah

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai rancangan, pcb, dan modul prototipe, anda dapat menghubungi sales@pcbmurah.com

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Maaf Gan
    Kit tsb apakah sdh auto-off jika aki terisi penuh?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Gan sya mau pesen KIT jadi PV Charger 160A yg sesuai dg skema. Bukan pada poto KIT yg telah jadi di atas.
    Dimana yg saya inginkan semua MOSFET nempel pada 1 unit heatsink (posisinya di pinggir PCB). dan satu regulator 7805 juga dirancang pake heatsink. sebab saya suka oprek2 jg gan, takut terjadi panas berlebih saat ngoprek.
    Setelah itu, saya ingin indikator CHARGER dan OUTPUT di lengkapi dengan SEVEN SEGMENT (ada LOAD VOLTAGEnya)
    Terus, saya juga mau di tambahkan 3 unit terminal DC out 12v yg teregulasi. dengan SHORT Protector (OVER LOAD) juga bagus, yg sumber tegangannya berasal dari 4 AKI basah 40A yang akan saya pake nanti. Dimana satu terminal output 12V tsb melewati LIGHT SWICTH dengan LDR atau Photo Transistor. Terimakasih. Mohon responsnya gan. roezy_bse@ymail.com

    BalasHapus
  13. mau pesan PCB dan KIT yg udah jadi,harap di respon ke email. smpn2susut@yahoo.co.id

    BalasHapus
  14. selamat pagi
    mas ini kami dari salah satu perusahaan konraktor listrik tertarik untuk memesan Rangkaian Charger Tenaga Surya / Solar Charger yang anda buat, tapi sebelumnya kami mau nanya apakah KIT yang anda buat sudah diaplikasikan dilapangan ndak ?
    terima kasih ...

    BalasHapus
  15. Mohon direspon ke email haerurrozi31@gmail.com

    BalasHapus