Minggu, 09 Oktober 2011

Driver Motor Stepper Bipolar/Unipolar 2 Ampere


Rangkaian Motor Stepper Driver ini sangat populer untuk keperluan robotika dan industri. Didukung oleh chipset buatan National Instrument, IC L297 sebagai pengendali dan L297 sebagai driver. Rangkaian ini memiliki fitur untuk pengendalian arus yang konstan, sehingga dapat disesuaikan dengan motor stepper yang dipakai. Selain itu rangkaian ini dapat mencegah motor dari kelebihan beban / over current. pengaturan arus dilakuka melalui trimport. Rangkaian ini dapat menghasilkan arus hingga maksimal 2 Amper untuk setiap koilnya. 
Rangkaian driver motor stepper ini dapat digunakan untuk menggerakkan Motor stepper jenis bipolar ataupun motor unipolar. Motor bipolar biasanya menggunakan 4 kabel, sedangkan unipolar biasanya menggunakan 6 kabel. Jika anda menggunakan motor stepper unipolar maka kabel common tidak disambung. 


Sinyal input yang dipakai adalah puls, dir dan enable. Input puls adalah pulsa clock untuk mengatur kecepatan dan jarak tempuh, input dir adalah sinyal untuk mengatur arah putaran motor, sedangkan input enable berfungsi untuk mengaktifkan motor atau off. Modul driver ini memiiki resolusi 400puls/putaran.

Anda dapat mengaplikasikan rangkian ini misanya pada mesin CNC, position table, penggulung transformer, dan penggerak presisi lainnya. Kit ini layoutnya didesain menggunakan eagle, dan PCBnya dibuat menggunakan bahan FR4 double layer PTH. Untuk informasi lebih lanjut mengenai rancangan, pcb, dan modul prototipe, anda dapat menghubungi chiduwi@yahoo.com

9 komentar:

  1. mau tanya nich. kira-kira harganya berapa ya modul driver motor steppernya ? dan boleh minta skema rangkaian yang lengkap?

    BalasHapus
  2. permisi..bisa cek email..saya sudah ngirim email

    BalasHapus
  3. mas, boleh minta skematiknya mas, buat belajar

    Terimakasih

    BalasHapus
  4. permisi mas, bisa cek email saya sudah mengirimkan email. terimakasih banyak

    BalasHapus
  5. motor stepper saya 8 kabel, bisa ga pak ?

    BalasHapus
  6. boleh minta skema rangkaian yang lengkap?

    BalasHapus
  7. Kak boleh minta skema rangkaian lengkap nya ?

    BalasHapus
  8. Sekarang beli jadi di bukalapak sdh banyak, murah lg.

    BalasHapus